Minggu, 21 Agustus 2016

SENIMAN KERONCONG TERKENAL DI SOLO

Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, inovatif,  mahir dalam bidang seni, seniman adalah orang yang kerjanya mengolah atau mencipta suatu barang kesenian. seperti hal nya seniman keroncong, di setiap daerah keromcong itu berbeda-beda jawa timur, jawa tenggah, ataupun jawa barat mereka semua memiliki ciri khas masing-masing.

Keroncong adalah sejenis musik Indonesia yang memiliki hubungan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Sejarah keroncong di Indonesia dapat ditarik hingga akhir abad ke-16,di saat kekuatan Portugis mulai melemah di Nusantara. 

misalnya SENIMAN KERONCONG yang berada di kota  SOLO yaitu, 

 Waldjinah

 Waldjinah (lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1945; umur 66 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia. Ia penyanyi spesialisasi keroncong – Jawa yang dikenal dengan julukan “Ratu keroncong”, yang mengawali karier sejak menjadi juara I Bintang Radio Indonesia tahun 1965.









Gesang                                                                                                                                                                                                

Gesang atau lengkapnya Gesang Martohartono (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917 – meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, 20 Mei 2010 pada umur 92 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Dikenal sebagai “maestro keroncong Indonesia,” ia terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya, yang terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu ‘Bengawan Solo’ ciptaannya telah diterjemahkan kedalam, setidaknya, 13 bahasa (termasuk bahasa Inggris, bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang)

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar