membanggun
sistem e- busines bukan hanya mengkomputerisasi business yang dihubungkan ke
internet, jika pemahaman itu yang menjadi landasan dalam membangun e-business
maka system tersebut sulit untuk bertahan
- Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan konsumen
- Pembangunan / membangun jaringan komunitas
- Perluasan pasar
- Masuk era persaingan global (harus berani bersaing )
Tahap 2
pembentukan sistem e-business
- Mendaya gunakan computer personal , jaringan computer dan internet seoptimal mungkin
- Membangun halaman web untuk jaringan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan flexible
- Membangun system informasi e-business yang efektif
- Mengembangkan system informasi yang bersifat interplatform
berikut
adalah faktor pendorong suatu keberhasilan dalam E-bisnis
1. tingkat kesesuaian dan dukungan
aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan
2. kemampuan untuk menjamin bahwa proses
e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi
bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan Privasi
Perencanaan e-business
Merancang Strategi Sistem
E-Business
Perusahaan e-Business perlu merancang sebuah strategi yang
akan diimplementasikan dalam bentuk sistem informasi e-Business. Stategi itu
tidak hanya berupa strategi bisinis melainkan juga melibatkan strategi
teknologi informasi karena sistem e-Business dibangun dengan tumpuan teknologi
tersebut.
Strategi perlu disusun dengan cermat untuk menjawab tantangan bisnis seperti kompetitor pada satu jenjang atau kompetitor kecil lainnya, produk-produk substitusi dan tuntutan konsumen.
Strategi juga berfungsi untuk mengelola sumber daya yang terbatas jumlahnya guna memperoleh laba. Sistem informasi e-Business yang dibangun harus terdefinisi dengan jelas dan terinci tentang model bisnis yang akan diterapkan, alur pergerakan informasi, jenis dan model informasi yang dibutuhkan serta menentukan hak akses informasi.
Strategi perlu disusun dengan cermat untuk menjawab tantangan bisnis seperti kompetitor pada satu jenjang atau kompetitor kecil lainnya, produk-produk substitusi dan tuntutan konsumen.
Strategi juga berfungsi untuk mengelola sumber daya yang terbatas jumlahnya guna memperoleh laba. Sistem informasi e-Business yang dibangun harus terdefinisi dengan jelas dan terinci tentang model bisnis yang akan diterapkan, alur pergerakan informasi, jenis dan model informasi yang dibutuhkan serta menentukan hak akses informasi.
Strategi meliputi penentuan perangkat keras dan
perangkat lunak baik sistem dan aplikasinya.
Untuk membangun e-business yang utama harus kita buat
yaitu membenahi terlebih dahulu system pengelolaan sumber daya perusahaan
secara terpadu, membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan
komprehensif, menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan
jangka panjang, membentuk struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif
terhadap perubahan, dan melakukan kerjasama kondusif dengan mitra bisnis.
Ada beberapa kiat – kiat dalam e-bussines diantaranya :
- Membenahi terlebih dahulu sistem pengelolaan sumber
daya perusahaan secara terpadu.
- Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif.
- Menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan jangka panjang.
- Membentuk struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan.
- Melakukan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok barang, lembaga keuangan, dan lain sebagainya).
- Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif.
- Menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan jangka panjang.
- Membentuk struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan.
- Melakukan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok barang, lembaga keuangan, dan lain sebagainya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar