Minggu, 06 Maret 2016

GAYA PROMOSI DI DUNIA DIGITAL



PROMOSI DI DUNIA DIGITAL

Seiring dengan perkembangan dunia digital di masyarakat, kami ingin layanan-layanan yang kami tawarkan lebih mudah diakses oleh setiap orang di Indonesia
Dunia digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu.
Marketing plan nya bisa melalui
1.google adds
2.lewat sosial media (fb, whatsup, bbm, line, instagram, path, dll)
3.lewat media penjualan toko online ( olx, buka lapak, lazada, dll)
4.lewat iklan gratis di media online
5.untuk mempercepat penggenalan produk bisa melalui google+, ping my link. Dll

Sebab faktanya melalui dunia digital, masyarakat Indonesia dimudahkan untuk beraktifitas. Berikut ini fakta-fakta seputar dunia digital di Indonesia.

1. Dalam seminggu, 43 persen orang Indonesia lebih dari sekali menggunakan layanan pesan online WhatsApp.

2. Transaksi belanja online melalui smartphone meningkat meski laju perekonomian Indonesia melambat.

3. Sebanyak 50 persen pengunjung website dengan smartphone berasal dari Indonesia

4. Ojek online berhasil mengubah gaya hidup masyarakat Jabodetabek, Bali, Bandung, dan Surabaya secara singkat.

5. Indonesia menduduki urutan keempat pengguna Instagram teraktif di dunia.

6. Dalam sehari rata-rata netizen Indonesia aktif menggunakan smartphone selama 5.5 jam.

7. Indonesia peringkat 10 besar dalam urutan teraktif pengguna Facebook, Twitter, Youtube, dan Google+.

8. Peringkat teratas jumlah pengunduh aplikasi pasar mobile global adalah Indonesia.

9. Indonesia berhasil menjual 13.4 juta produk di tahun 2012 lewat online marke place terbesar.

10.Startup asal Indonesia pertama yang berpredikat unicorn diraih situs reservasi tiket pesawat online.
6 strategi pemasaran produk di dunia digital
1. Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
2. Mobile Marketing
Salah satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%.
3. Continuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
4. Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
5. Visual Marketing
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
6. Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi Personalized Marketing. (bn/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar